Kamis, 30 Juli 2015

Black Forrest sebagai Hantaran Idul Fitri




Sebuah kebiasaan yang diajarkan secara turun temurun dari buyut saya, ke nenek saya, ke ibu saya, dan pastinya ke saya juga. Ibu saya selalu berkata , bila berkunjung ke saudara khususnya orang yang dituakan/sepuh/dll atau acara keluarga biasakanlah untuk membawa buah tangan ya nak . Buah tangan tersebut Bisa makanan yang dibuat sendiri ataupun beli bila kamu tidak sempat, atau hanya sekedar buah buahan segar, tidak perlu mewah yang penting ikhlas dan dibawa dengan suka cita. Pastinya orang yang menerimanya akan menerimanya dengan senang hati, terlebih bila itu orang tua yg sudah sepuh atau orang yg dituakan atau mungkin hanya sekedar acara keluarga, gembira pasti rasanya . Dan membuat orang lain merasa gembira atau senang itu adalah hal yang baik. Dan hal itulah yang sebisa mungkin saya terapkan dalam kehidupan saya setelah berkeluarga dan tinggal sendiri, dimana berinteraksi dengan tetangga sekitar, orang tua dan silaturahmi saudara adalah yang yang harus dipelihara. Dahulu sebelum menikah rasanya saya tdk begitu memperhatikan hal tersebut apalagi memperhatikan wejangan ibu saya tersebut (hehe) karena masih tinggal dgn orang tua, masuk ke dapur pun dahulu rasanya jarang . Namun sekarang disaat sudah tinggal sendiri saya rasa alangkah baik bila kebiasaan yang baik dari orang tua bisa kita tiru dalam kehidupan sehari hari.

Begitu juga dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri baru baru ini. Saya mencoba menyempatkan diri membuat hantaran yang special untuk beberapa tetangga sepuh/dituakan di area tempat tinggal saya, tidak lupa utk org tua dan juga untuk kumpul kumpul keluarga besar dari pihak mertua. Lebaran kali ini saya membuat beberapa Loyang Black Forest . Seharusnya namanya black forrest , namun pakem cake Black forest harus menggunakan  selai cherry hitam dan beberapa potongan cherry tersebut diantara 2 bolu coklat. Sedangkan saat itu stok saya tidak ada jadi tengahnya hanya saya beri whipped cream jadi sebutlah ini Black Forrest ala kadarnya :) . Dan Alhamdulillah hantaran ini bisa menimbulkan guratan senyum senyum gembira di wajah orang orang yang menerimanya . Beberapa ada yang menanyakan resep, dan untuk itulah saya memposting artikel ini, semoga bermanfaat , Hapy Cooking , Everyone can Cook :)

Untuk membuat cake ini saya menggunakan MIXER BOSCH UNIVERSAL MUM6N11 yang terkenal handal untuk menguleni adonan roti maupun membuat bolu , cream, dll .

1. Membuat Bolu/Cake Dasar
Untuk Bolu saya mengunakan resep Brownies Kukus Ny. liem yang sudah saya modifikasi sedikit, saya menghilangkan proses untuk membuat lapisan coklat ditengahnya karena bolu akan saya jadikan 2 lapis untuk diberikan whiped cream diantaranya.


Resep cake dibawah ini untuk membuat 1 buah cake (2 loyang yg nanti ditumpuk jadi satu)

Bahan-Bahan:
Bahan I :
- 6 butir telur suhu ruang
- 230 gram gula pasir
- 10 gram ovalet /SP atau 1 sedok teh kurang
-1/2 sendok teh vanili ekstrak

Bahan II:
Campur & Ayak
- 125 gram tepung terigu serba guna (segitiga biru)
- 50 gram coklat bubuk (saya pakai Berndorp, gunakan coklat bubuk yang berkualitas )
- 1/2 sendok teh baking powder double acting.

Bahan III:
Lelehkan dengan cara di tim
- 175 ml minyak sayur kualitas baik
- 100 gram Chocolate Compound/DCC ( saya pakai colatta dark , gunakan yang dark jangan yang milk untuk hasil yang lebih bagus dan pekat coklatnya)
cara tim: taro di wadah stainless minyak sayur dan dark coklat. kemudian wadah tersebut taro diatas panci yg telah terisi air. Nyalakan kompor dengan api sedang, bila pinggiran air di dlm panci nya telah berbuih sedikit segera, matikan (jangan sampai mendidih ) . diamkan sejenak nanti akan meleleh sendiri, lalu aduk rada hingga tercampur rata antara minyak dan coklatnya.

Cara Pembuatan :
1. Mixer sampai mengembang kental berjejak Bahan I 
2. Matikan mixer, masukkan bahan II, aduk rata secukupnya dengan spatula, jangan over mix (bila menggunakan MIXER BOSCH UNIVERSAL MUM6N11 tidak perlu mengaduk dengan spatula, cukup putar ke M sampai benar2 tercampur rata) 
3. kemudian masukkan bahan III, aduk balik dengan spatula, (bila menggunakan MIXER BOSCH UNIVERSAL MUM6N11 tidak perlu aduk balik dengan spatula, untuk aduk balik cukup tekan M sampai benar2 tercampur rata) pastikan tdk ada minyak/cairan coklat yang mengendap dibawah.
5. Tuang bagi rata ke 2 Loyang Bulat Diameter 18 cm yang telah dolesi mentega dan ditaburi terigu tipis2 didasar loyangnya atau dialasi dengan kertas roti yang telah diolesi mentega. Ingatlah hanya mengolesi mentega di dasar loyang, jangan di dinding loyang karena akan membuat bolu anda berpinggang dan kurang naik .
6. kukus di dalam kukusan yang telah mendidih airnya selama 30 menit/sampai matang, gunakan tes tusuk untuk mengecek kematangan ( pastikan bila menggunakan kukusan biasa, bungkus tutup kukusan dengan serbet bersih agar uap yang terjebak di tutup tidak menetes ke atas kue yg dapat menyebabkan kue bantet) 
9. keluarkan dari kukusan. tuang ke wadah datar, dinginkan. 

2.Membuat Whippped Cream
Cream Kental/Fresh Cream  Secukupnya , saya menggunakan 2 liter Cream kental untuk melapisi dan menghias 6 Buah cake. saya menggunakan RICHS GOLD LABEL non dairy cream. Bila anda hanya membuat 1 buah cake bisa menggunakan 350 ml saja

Cara membuat : Pastikan cream kental / fresch cream dalam keadaan benar benar Dingin (Dingin tapi tidak dalam keadaan beku) , kocok dengan mixer (dapat pula menggunakan MIXER BOSCH ) dengan kecepatan maksimal hingga cukup mengental (jangan terlalu lama karena bila terlalu lama justru bisa membuat cream  tdk bisa mengental)

setelah jadi, oles ke atas cake, lalu tumpuk dengan bagian cake satunya. lalu olesi seluruh cake sampai merata. 

3. Membuat Chocolate Ganache Siram
-600 ml Cream Kental/Fresh Cream  (Richs gold label atau merk lain)
-600 gram Dark cooking chocolate (Saya pakai Colatta dark)
- 3 sendok makan madu
komposisi diatas saya gunakan untuk menghias 6 buah cake, bila anda hanya membuat 1 cake dapat hanya menggunakan :
-100 ml cream kental
-100 gram Chocolate Compound/DCC (Saya pakai Colatta dark)
-1 sendok makan madu

Cara membuat :
- lelehkan coklat, masukkan whipcream cair
- tim adonan diatas sambil diaduk sampai tercampur rata
- tunggu sampai suhu turun menjadi hangat, siap  disiramkan diatas cake , buat aksen seperti jatuhan lelehan coklat yg tidak merata di samping samping cake. 

Hias cake sesuai selera. Lalu Diamkan semalaman didalam Kulkas. 
Diamkan semalaman di kulkas agar cream benar benar set , dingin dan nikmat :)

Bila anda punya cherry hitam dan selai cheeery hitam , ada baiknya lapisan tengahnya menggunakan olesan selai dan beberapa butir cherry hiam tersebut sebagai pakem dari Black Forrest.


Selamat mencoba , Salam :) 

Nur anisah luthfianti (Anis)
089632108291 (Whats app/sms/telp)
087881086000 ( sms/telp only)
Pin BB 54F2564D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar